Cara Menanam Buncis Yang Baik Dan Benar, Ikuti 5 Langkah ini

Hallo sobat pembaca semuanya, bagaimana dengan kabar Anda? Semoga slalu baik- baik saja. Untuk materi kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menanam buncis yang baik dan benar begitupun beserta proses pengolahan lahan dan juga perawatannya. Buncis merupakan jenis tanaman yang merambat, walaupun tidak jarang atau banyak orang yang menyebut kacang buncis, akan tetapi buncis merupakan jenis tanaman sayuran.

cara menanam buncis

Buncis dapat di tanam dimana saja sesuai dengan keinginan, yaitu buncis bisa ditanam didataran rendah, dataran sedang dan juga didataran tinggi. Buncis termasuk jenis tanaman yang pertumbuhannya sangat gampang, yaitu cukup dengan syarat tanah pada media tanam buncis tercukupi kadar airnya dan tidak terlalu berlebihan kadar airnya atau tanah terlalu becek. Jika tanah terlalu becek maka yang akan terjadi justru tanaman buncis akan mati dengam cara tanaman akan membusuk yang disebabkan oleh berlebihannya kadar air yang terdapat didalam tanah.

Langkah-langkah Cara Menanam Buncis yang Baik dan Benar

Untuk kali ini saya akan memeberikan tuturial bagaimana cara menanam buncis yang baik pada lahan yang sudah ditanami atau pada lahan dipinggir bedeng, silahkan simak tutorial berikut ini yang akan saya jelaskan!!! cara menanam buncis yang baik dan benar diperlukan beberapa langkah dan proses yang harus dilakukan secara bertahap, yaitu:

1. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan yaitu dimulai dari pengolahan tanah, tanah diolah dengan cara di cangkul dengan kedalaman sekitar 10 cm dengan panjang dan lebar juga sekitar 10 cm. Berilah jarak antara lubang sekitar 15 cm hingga 20 cm agar pertumbuhan pada tanaman buncis dapat bertumbuh dengan sempurna dan akar pada tanaman buncis tidak bersentuhan sehingga mengakibatkan perebutan kandungan air didalam tanah yang akan mengakibatkan pertumbuhan tidak bagus.

2. Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk ini bukan pemberian pupuk yang satu-satunya, melainkan pemberian pupuk ini sebagai dasar dari media lahan tanaman, pemberian pupuk ini berasal dari pupuk kandang, pupuk kandang bisa dibuat sendiri dari sisa rumput yang tidak makan oleh hewan ternak contohnya kambing dan sapi. Dalam kandang biasa rumput dapat difermentasi oleh kotoran hewan ternak tersebut secara otomatis, bahkan bisa menjadi dasar lahan tanaman yang sangat subur. Saya kasih saran sebaiknya pemberian pupuk minimal 1 kepal tangan orang dewasa.

3. Penutupan Dasar Pupuk

Penutupan dasar pupuk dapat dilakukan cukup menggunakan tanah biasa, tanah yang dulu berasal dari galian untuk pelubangan lahan bisa digunakan sebagai penutupan pupuk dasar tersebut. Caranya yaitu tanah ditaburkan keatas pupuk hingga merata dengan ketebalan sekitar 5 cm, saran dari saya sebaiknya pemberian tanah tersebut jangan terlalu tebal, karena jika terlalu tebal maka akar pada bibit sulit untuk menjangkau pupuk dasar tersebut yang berdampak pada pertumbuhan tanaman buncis tidak baik.

4. Pemberian Lubang Pada Lahan

Lahan yang sudah ditutup dengan tanah kembali maka selanjutnya diberi pelubangan yaitu cukup menggunakan jari tangan orang dewasa. Pemberian lubang tersebut bertujuan untuk tempat bibit biji buncis pada saat penanaman bibit.

5. Masukkan Bibit Biji Buncis

Pemberian bibit biji buncis dimasukkan kedalam lubang yang sudah dilubangi menggunakan jari sebanyak 3 biji. setelah itu kemudian tutup kembali menggunakan tanah dengan tipis-tipis dan tidak perlu dipadatkan agar bibit biji bisa bertumbuh dengan cepat. Tunggu biji buncis tumbuh sekitar 1 minggu maka biji akan mulai bertumbuh dengan sendirinya, pada saat proses pertumbuhan jangan lupa dilakukan penyiraman agar tidak terjadi kekeringan pada tanah karena berpengaruh pada pertumbuhan tanaman buncis kedepannya.

Cara Perawatan / Pemeliharaan Tanaman Kacang Buncis

Setelah langkah-langkah diatas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu perawatan, perawatan atau pemeliharaan pada tanaman buncis tidaklah terlalu sulit yaitu :

  1. Cukup dengan membersihkan rumput-rumput liyar yang ada disekitar tanaman.
  2. Pada saat usia tanaman buncis disekitar 20 hari maka langkah selanjutnya yaitu pemberian pupum urea atau pupuk KCL, pemberian pupuk sebaiknya jangan terlalu dekat dengan tanaman yaitu pada jarak sekitar 5 cm.
  3. Kemudian langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk tanam buncis yang baik adalah pemberian tiyang penyangga untuk tanaman buncis, penyangga biasanya berasal dari bambu yang sudah dibelah hingga ukuran bambu tersebut dengan lebar sekitar 3 cm dan panjang sekitar 180cm.
  4. Tunggu tanaman buncis hingga bertumbuh bunga, setelah tumbuh bunga biasanya buncis akan segera tumbuh tidak lama.
  5. Buncis biasanya siap dipanen pada usia tanaman sekitar 50 hari, dan proses pemanenan juga dilakukan dengan cara bertahap dikarenakan buncis tidak bertumbuh secara bersamaan melainkan dalam jangka waktu sekitar 5 hari atau bisa juga sampai dengan waktu 1 minggu buncis dapat di panen kembali, semua itu tergantung dari cara pengolahan lahan dan cara pemeliharaannya juga tentunya.

Sekian artikel tentang bagaimana cara menanam buncis yang baik dan benar di lahan pinggir bedeng dari saya, semoga bermanfaat bagi Anda semua, Jika anda ingin membaca artikel kami lainnya dapat anda lihat disini.

Selamat mencoba dan semoga sukses!!!