Cara Menanam Ketimun Yang Baik Dan Benar Secara Mudah

Hallo sobat pembaca dan pecinta bertani dimanapun Anda berada, bagaimana kabar Anda semuanya? Pasti baik kan, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang cara menanam ketimun yang baik. Pada dasarnya ketimun adalah tanaman yang mudah tumbuh, bisa ditanam diladang, dihalaman rumah ataupun ditanam menggunakan media tanam polyback. Akan tetapi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menanam ketimun yang baik dihalaman rumah atau pekarangan rumah.

cara menanam ketimun yang baik

Ketimun juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan perawatannya sangat mudah, selain itu ketimun juga termasuk tanaman yang sangat cepat pertumbuhan buahnya, karena tidak sampai 2 bulan maka Anda akan mendapatkan buah ketimun yang Anda tanam. Maka dari itu tidak sedikit orang yang menanam ketimun didepan rumah atau dihalaman rumah untuk memanfaatkan lahan agar tidak sia-sia dan tentunya bisa bermanfaat. Ketimun ditanam mulai dari berbentuk biji hingga dapat berbuah tidaklah lama, seperti keterangan diatas yang saya sebutkan tadi.

Langkah-Langkah Cara Menanam Ketimun Yang Baik

Berikut ini adalah langkah-langkah beserta keterangannya cara menanam ketimun yang baik:

  1. Siapkan media tanam atau lahan dengan cara mencangkul tanah jangan terlalu dalam, yaitu cukup dengan kedalaman sekitar 10 cm, panjang 10 cm, dan juga lebar 10 cm. Pembuatan lahan tersebut tentunya sangat mudah bukan, apalagi dilakukan oleh orang awam yang tidak mengetahui tentang hal bertani dan sebagainya.
  2. Seperti pada proses-proses pembuatan lahan tanaman yang lainnya yaitu lubang diberi pupuk kandang kurang lebih 1 ember kecil biasa, atau bisa juga diberikan sesuai dengan yang Anda inginkan. Lebih banyak maka akan lebih baik.
  3. Diatas pupuk kandang diberi pupuk urea biasa, yaitu pupuk yang berwarna hitam, pupuk ini biasanya dicampurkan dengan pupuk urea yang berwarna putih. Pada dasarnya semua jenis tanaman diawali dengan pemupukan berjenis seperti ini, dan juga mudah didapatkan ditoko pertanian dimanapun berada.
  4. Tutup pupuk dengan tanah tipis-tipis, dengan ketebalan sekitar 5 cm. Penutupan ini bertujuan agar biji bibit ketimun tidak bersentuhan secara langsung dengan pupuk, sehingga biji bisa bertumbuh dengan tepat dan baik.
  5. Kasih lubang pada lahan yang sudah dibuat seperti pada keterangan diatas, cukup menggunakan jari tangan, pelubangan ini sebaiknya jangan terlalu dalam agar biji ketimun bisa bertumbuh dengan baik sehingga pada saat proses biji bertumbuh tidak tertumpuk tanah terlalu tebal dan pertumbuhan biju tidak terlalu berat atau terhambat.
  6. Masukkan biji kedalam lubang yang sudah dipersiapkan sebanyak 3 biji atau 4 biji, peletakan biji ini sebaiknya jangan terlalu banyak karena jika biji terlalu banyak didalam satu lubang, maka justru akan menghambat pertumbuhan bibit sehingga bibit tidak bertumbuh dengan baik dan sempurna.
  7. Tutup kembali biji menggunakan tanah dengan tipis-tipis, ingat!!! penutupan jangan terlalu tebal karena jika terlalu tebal maka pertumbuhan biji aka sulit atau tidak sempurna seperti yang sudah saya bahas tadi diatas.
  8. Tunggu hingga 1 minggu maka biji akan mulai bertumbuh.
  9. Pada saat usia tanaman ketimun sekitar 2 minggu, maka langkah yang harus dilakukan yaitu proses perawatan, perawatannya yaitu pemberian pupuk urea atau pupuk yang berwarna hitam, cukup diberikan 1 sendok makan saja.
  10. Jarak pemberian pupuk dari tanaman adalah sekitar 5 cm, jarak tersebut adalah jarak yang termasuk ideal pada setiap tanaman, sehingga sari-sari yang terdapat pada pupuk urea tersebut dapat terserap oleh tanaman dengan baik.

Cara Perawatan Tanaman Ketimun

Setelah proses cara menanam ketimun yang baik seperti diatas tadi sudah selesai, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu tinggal melakukan perawatan. Karena tanaman ketimun adalah jenis tanaman yang merambat, maka kita harus menyediakan media untuk merambat tanaman ketimun tersebut, seperti contohnya adalah terbuat dari bambu yang sudah di belah dan kemudian ditancapkan berdekatan dengan tanaman ketimun tersebut, sehingga tanaman ketimun bisa merambat dengan baik dan buah ketimun tidak terkena tanah dan kotor.

Hal ini dipersiapkan sebelum tanaman ketimun mulai dewasa dan berbuah. Setelah itu, kemudian langkah yang harus dilakukan dalam menanam ketimun yang baik adalah penyemprotan untuk membunuh hama dengan menggunakan pestisida. Tunggu tanaman ketimun hingga berusia 35 hari maka ketimun akan mulai tumbuh, tunggu tanaman ketimun hingga berusia 50 hari atau buah ketimun berusia sekitar 2 minggu maka ketimun siap untuk di panen. Ketimun bisa tumbuh berulang-ulang tergantung proses perawatannya, alangkah baiknya ditambahkan dengan menyemprot pelebat buah, obat ini gampang dijumpai karena ada ditoko-toko obat tani biasa. Cukup sekian tutorial menanam ketimun yang baik dari saya, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.

Bagi anda yang ingin membaca koleksi artikel kami lainya, silahkan baca disini. Selamat mencoba dan semoga sukses!!!