Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Media Air

Apa kabar semuanya bagi seluruh sobat pembaca dimanapun Anda berada? Mudah-mudahan Anda semua selalu baik-baik saja. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk menanam sawi hidroponik yang baik dan benar menggunakan media paralon. Sebelum kita membahas pada inti yaitu menanam sawi hidroponik ini, mari kita pahami apa arti dari menanam sawi hidroponik itu. Cara menanam sawi hidroponik adalah sistem penanaman yang tidak menggunakan media tanah namun hasil yang akan didapatkan lebih baik dan sehat karena tidak menggunakan obat-obatan pestisida sehingga tanaman atau sayuran tentu hasilnya akan menjadi sehat.

cara menanam sawi hidroponik

Mengapa menanam sawi hidroponik banyak digemari? Karena cara pengerjaannya yang sangat mudah, begitupun juga proses menanam dan cara perawatannya. Menanam sawi hidroponik ada berbagai macam cara dan juga berbagai macam media tanam. Namun, sekarang saya akan membahas tentang bagaimana cara menanam sawi hidroponik yang baik, benar dan juga mudah dalam menggunakan air melalui media pipa paralon. Mungkin Anda sudah pernah mendengar bagaimana cara menanam sawi hidroponik yang akan saya bahas kali ini.

Sebagai gambaran yaitu sawi diletakkan dimedia paralon yang dialiri air secara terus menerus dan tentunya air sebagai kebutuhan atau asupan untuk media sawi bertumbuh. Air mengalir melalui pipa paralon secara terus menerus dan melewati bibit-bibit sawi yang sudah diletakkan kedalam lubang paralon. Dan posisi pipa paralon sedikit agak miring agar air bisa mengalir dengan lancar dan sempurna. Bagaima? Sudah ada bayangan belum? Untuk lebih jelasnya mari kita simak keterangan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menanam Sawi Putih Yang Baik

Langkah-langkah Cara Menanam Sawi Hidroponik Yang Baik

Berikut adalah bahan, cara beserta pembahasan tentang bagaimana cara menanam sawi hidroponik yang baik dan benar antara lain :

  1. Siapkan pipa paralon yang berukuran besar, paralon digunakan sebagai wadah untuk media tanam.
  2. Setelah itu paralon yang sudah di persiapkan kemudian di kasih lubang berukuran kaleng susu biasa dengan jarak perlubang yaitu sekitar 10 cm, pelubangan menggunakan gergaji khusus untuk pipa paralon.
  3. Buatlah penyangga untuk paralon dengan ketinggian yang berbeda agar posisi paralon bisa miring untuk berjalanya air yang mengalir.
  4. Taruh paralon yang sudah di kasih lubang di atas penyangga yang sudah di buat.
  5. Setelah media paralon sudah siap maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan air, air bisa di salurkan atau di pompa menggunakan mesin pompa air. Air diharuskan slalu mengalir agar semua tanaman bisa tercukupi kebutuhan airnya dengan merata.
  6. Masukkan bibit sawi yang sudah ditumbuhkan di media pot kedalam lubang paralon yang sudah dipersiapkan tadi maka sawi akan langsung menyerap air yang mengalir di dalam lubang paralon dan dapat tumbuh seperti biasa.

Cara Perawayan Sawi Hidroponik Yang Mudah

Untuk perawatannya yaitu cukup dialiri air secara terus menerus, jika terdapat rumput-rumput liar yang tumbuh maka harus segera di bersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman sawi tersebut. Bagaimana, simpel bukan? Cara menanam sawi hidroponik ini bisa dilakukan dihalaman rumah atau taman rumah yang bertujuan untuk menjadi hiasan didalam area rumah, selain itu juga berguna untuk melengkapi kebutuhan dapur dan tentunya mendapatkan sayuran yang segar dan juga sehat.

Pastinya akan bangga bila memasak dengan hasil bertanam sendiri dan juga akan mendapatkan kenikmatan tersendiri bagi Anda. Sekian pembahasan artikel kali ini tentang cara menanam sawi hidroponik, semoga dapat memberikan gambaran dan manfaat bagi para pembaca semua. Dan apabila ingin membaca koleksi artikel kami lainnya silahkan kunjungi website kami disini. Selamat mencoba dan semoga sukses!!!