Cara Menanam Sawi Putih Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Sawi putih adalah termasuk jenis tanaman sayuran yang pertumbuhannya sangat gampang, begitupun proses dan pemeliharaannya juga sangat mudah. Cara menanam sawi putih dapat dilakukan siapa saja, termasuk seseorang yang sedang belajar bertani atau bisa juga di sebut dengan kata orang yang baru saja mengenal pertanian.

Menanam sawi putih dapat dilakukan dilahan sempit atau di media tanah mana saja, bahkan juga di tanam di media pot. Yang paling pokok diperhatikan dalam menanam sawi putih yaitu media tanamnya, media tanam haruslah media yang subur, gembur dan terpenuhi kebutuhan airnya.

cara menanam sawi

Langkah-langkah Cara Menanam Sawi Putih Yang Baik

Berikut ini penjelasan beberapa langkah yang harus di perhatikan dalam menanam sawi putih:

  1. Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam menanam sawi putih yaitu adalah media tanam, disini kami akan menjelaskan tentang media tanam dari tanah atau disebut juga bertanam di media lahan tanah. Pertama yang harus dilakukan yaitu mengolah tanah, tanah diolah dengan cara dicangkul dg kedalaman sekitar 10 cm dan lebar juga sekitar 10 cm.
  2. Jarak diantara lubang yang satu dengan yang lainnya sekitar 10 cm, jarak tersebut dilakukan agar pertumbuhan akar didalam tanah dapat maksimal.
  3. Setelah pelubangan pada tanah selesai, maka langkah selanjutnya yaitu kita memasukkan pupuk kandang sekitar satu kepal tangan orang dewasa.
  4. Diatas pupuk kandang bisa ditaruh atau ditambahkan dengan pupuk urea yang berwarna putih dan dicampur dengan pupuk urea yang berwarna hitam. Penaburan ini cukup dengan ukuran sekitar satu sendok makan per lubang.
  5. Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu menutup lahan tersebut dengan tanah sekitar 3 cm, penutupan tanah tersebut sebaiknya jangan terlalu tebal karena penutupan tersebut bertujuan untuk bertumbuhnya bibit sawi tersebut.
  6. Kemudian di atas tanah yang sudah di beri pupuk seperti keterangan di atas tadi, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu pemberian lubang pada tanah, pemberian lubang pada tanah ini cuku berukuran sekitar jari orang dewasa dan tidak terlalu dalam. Karena pelubangan ini bertujuan untuk tempat peletakan biji sawi tersebut.
  7. Masukkan biji sawi kedalam lubang yang sudah dipersiapkan.
  8. Tutup kembali biji yang sudah dimasukkan menggunakan tanah.
  9. Tunggu sekitar 3 hari atau 4 hari maka biji akan mulai bertumbuh.

Cara Perawatan Tanaman Sawi Putih

Setelah beberapa proses diatas dilakukan, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu proses perawatan. cara perawatan tanaman sawi tidaklah sulit, antara lain yaitu :

  1. Hal yang paling pokok di perhatikan untuk menanam sawi adalah kadar air yang terdapat di dalam tanah, berikut ini tips untuk perawatan tanaman sawi.
  2. Pada saat usia tanaman sawi di sekitar dua minggu, maka sawi harus di semprot atau di cor obat. Pengecoran ini dilakukan tepat mengenai tanah karena tujuan dari pengecoran ini adalah supaya tanah dari media tanam sawi menjadi lembab, sehingga terpenuhi kadar airnya. Jangan lupa air ditambah dengan pupuk urea hitam dan pupuk urea putih.
  3. Berselang satu minggu maka pengecoran harus rutin untuk dilakukan sampai sekitar dua minggu agar kondisi tanah tetap stabil dan kadar airnya juga terpenuhi.
  4. Jika tanaman sawi bertumbuh dengan normal maka sawi akan panen di usia 45 hari, tapi para petani biasanya memanen pada sekitar usia 50 hari agar panennya mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian pembahasan kami kali ini tentang cara menanam sawi putih dari kami, semoga bermanfaat bagi semuanya. Nah bagi anda yang ingin membaca artikel kami lainnya dapat anda lihat disini. Selamat mencoba dan salam sukses!!!