Cara Menanam Seledri Dari Biji Dengan Teknik Yang Paling Mudah

Cara menanam seledri dari biji ini termasuk proses menanam yang merupakan lumayan gampang-gampang susah, karena jika tidak di kerjakan dengan teliti maka biji tidak akan tumbuh dengan baik dan sempurna. Adapun langkah-langkah yang harus di perhatikan di dalam proses cara tanam seledri dari biji hingga bertumbuh jadi tanaman seledri yang subur dan lebat. Berikut ini saya akan memberitahu proses beserta langkah-langkahnya.

 Panduan Cara Menanam Seledri Dari Biji

Proses cara menanam seledri dari biji kita bagi menjadi 2 proses yaitu proses untuk menumbuhkan biji atau sering disebut dengan menyemai dan proses penanaman setelah biji tumbuh, yuk kita bahas satu-persatu.

cara menanam seledri dari biji

A. Proses Menumbuhkan Biji

Proses yang pertama cara tanam seledri dari biji yaitu kita harus memperhatikan media untuk bertumbuhnya biji, pada umumnya media ini berasal dari tanah namun ada beberapa campuran pupuk kandang dan juga pupuk urea agar media tanah bagus untuk dijadikan media tumbuh biji seledri tersebut, berikut adalah cara untuk membuat media lahan bibit seledri yaitu:

  1. Campur tanah sebanyak 10 ember cat berukuran besar dengan pupuk kandang 1 ember cat berukuran yang sama dan juga 1 kg pupuk urea, campur semua bahan tersebut sampai merata.
  2. Setelah semua tercampur merata maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu mengayak atau menyaring bahan yg sudah tercampur tadi dengan strimin berukuran sekitar 1 cm agar mendapatkan hasil yang lembut dan juga untuk menyaring bahan-bahan yang kasar atau kurang lembut. Karena biasanya terdapat akar atau ranting-ranting pohon yang tidak membusuk dengan sempurna yang terdapat di dalam pupuk kandang.
  3. Langkah selanjutnya yang harus di lakukan yaitu memasukkan bahan tersebut ke dalam plastik pot kecil, cukup hanya di masukkan saja dan tidak perlu di padatkan. Karena jika terlalu padat akan menghambat pertumbuhan akar dari bibit seledri tersebut untuk bertumbuh.

B. Proses Penanaman Setelah Biji Tumbuh

Proses yang kedua yaitu setelah selesai membuat pot untuk media tumbuh biji seledri di persiapkan, maka langkah yang harus kita lakukan yaitu menanam biji seledri agar tumbuh. Berikut ini adalah cara tanam seledri dari biji beserta keterangannya:

  1. Setelah media pot yang sudah kita buat di atas tadi selesai, maka selanjutnya kita harus menyiramnya terlebih dahulu menggunakan air biasa agar tanah di dalam pot tersebut basah atau lembab. Sebaiknya dalam penyiraman ini jangan terlalu basah, karena justru akan membuat biji seledri busuk. Cukup untuk membasahi tanah di dalam pot basah merata.
  2. Masukkan biji seledri yang sudah di persiapkan ke dalam pot atau cukup diletakkan di atas tanah pot tersebut, saya kasih saran sebaiknya jangan terlalu banyak. Biji seledri gampang didapatkan, yaitu bisa di beli ditoko-toko pertanian.
  3. Tutup pot yang sudah di isi dengan biji seledri menggunakan plastik gelap/mulsa atau karung bisa juga menggunakan kain, agar biji seledri tidak terkena matahari secara langsung dan terjaga kelembaban tanahnya di dalam pot.
  4. Setelah penutupan pot sekitar 1 minggu, maka langkah selanjutnya yaitu kita harus membuka penutupnya agar pertumbuhan bibit seledri dapat bertumbuh dengan lancar dan tidak terganggu pertumbuhannya. Jika terdapat pot yang kering maka harus segera di lakukan penyiraman agar kebutuhan air fi dalam pot terpenuhi.
  5. Kemudian saat usia bibit seledri sekitar 10-15 hari maka bibit seledri tersebut siap untuk di pindahkan atau di tanam di media tanam selanjutnya seperti contohnya yaitu di lahan bedeng.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara menanam seledri dari biji. Jika anda ingin membaca koleksi artikel kami lainnya silahkan lihat disini. Semoga bermanfaat untuk anda dan salam sukses selalu buat anda.