Cara Menanam Tembakau Yang Berkualitas Dan Perawatannya

Cara Menanam Tembakau dan Perawatannnya – Tembakau adalah jenis tanaman dedaunan, tembakau marupakan jenis tanaman yang penanamannya musiman yaitu biasanya ditanam pada saat musim panas karena pada saat musim panas tersebut tanaman tembakau dapat menghasilkan daun yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para petani.

Tembakau terdapat beberapa jenis macam tembakau namun proses penanaman, perawatan hingga pemanenannya pun juga sama. Hanya kualitas dari beda tembakau maka akan menghasilkan jenis tembakau yang kualitasnya berbeda pula.

cara menanam tembakau

Tembakau dapat hidup didataran tinggi maupun dataran rendah, hal yang paling pokok dicermati untuk menanam tembakau yaitu seperti yang sudah saya jelaskan tadi, yaitu pada saat musim kemarau.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang bagaimana cara menanam tembakau yang berkualitas serta perawatannya, yang terdiri dari proses peengolahan lahan, penanaman serta cara perawatannya. Mari kita simak proses cara menanam tembakau dibawah ini:

Langkah-langkah Cara Menanam Tembakau Yang Berkualitas

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus anda kerjakan dalam melakukkan penanaman pohon tembakau agar hasilnya dapat maksimal antara lain yaitu :

A. Pengolahan Lahan

Lahan diolah dengan sedemikian rupa agar dapat menghasilkan tanaman yang maksimal. Pengolahan lahan tanah yaitu meliputi beberapa proses:

  1. Tanah diolah dengan cara digemburkan atau dicangkul, tanah dicangkul dengan kedalaman minimal 25 cm. Pencangkulan tersebut bertujuan agar tanah menjadi gembur dan berguna pada pertumbuhan tanaman. Pada umumnya setiap mengolah lahan yaitu dilakukan penggemburan, hal tersebut dilakukan agar akar didalam tanah dapat dengan leluasa mencari zat-zat yang dibutuhkan didalam tanah.
  2. Tanah yang sudah digemburkan kemudian diberi lubang dengan keliling sekitar 1 cangkul atau berukuran 10 cm. Lubang tersebut berguna untuk meletakkan pupuk sebagai dasar media bertanam.
  3. Masukkan pupuk kandang kedalam lahan yang sudah dilubangi yaitu sebanyak minimal satu kepal tangan orang dewasa. Pupuk kandang tersebut berguna sebagai dasar untuk bertanam dan juga menstabilkan tanah didalam agar selalu tetap gembur dan tidak mudah padat. Selain itu pupuk kandang juga bermanfaat untuk menyediakan zat yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga tanaman bertumbuh dengan maksimal.
  4. Untuk menghasilkan tanaman yang lebih maksimal yaitu sebaiknya diatas pupuk kandang ditambahkan pupuk KCL, pupuk KCL tersebut mudah didapatkan ditoko-toko pertanian dimanapun berada.
  5. Setelah semuanya selesai maka perlu dilakukan penutupan pada atas pupuk yang sudah dimasukkan kedalam lubang seperti pada penjelasan diatas menggunakan tanah biasa yang sudah gembur juga tentunya. Penutupan tersebut dilakukan dengan ketebalan minimal 3 cm dan maksimal 5 cm, selain itu penutupan tersebut juga berguna sebagai awal mula bertumbuhnya akar dari bibit tanaman tembakau sebelum menyesuaikan pada pupuk yang sudah ada didalam tanah.

B. Penanaman Bibit Tembakau

Sebelum dilakukan penanaman tembakau, maka perlu dilakukan pemilihan bibit tentunya, pilihlah bibit tembakau yang baik tentunya. Dan pilihlah bibit tembakau yang langsung dicabut dari pembibitan sebelum ditanam. Hal ini bertujuan agar bibit masih segar dan tidak layu sehingga bibit masih besar peluangnya untuk hidup. Cara untuk menanam tembakau ialah buatlah lubang terlebih dahulu pada lahan yang sudah diolah cukup menggunakan jari tangan orang dewasa kemudian masukkan bibit tembakau kedalam lubang yang sudah dipersiapkan.

cara menanam tembakau

C. Perawatan Tanaman Tembakau

Untuk proses perawatannya pun juga sangat mudah yaitu meliputi beberapa proses. Berikut adalah proses perawatannya:

  1. Tanaman tembakau mulai dirawat pada saat masih kecil, namun perawatan yang paling pokok yaitu pada usia tanaman sekitar 2 bulan, tanaman tembakau diberi pupuk putih sebanyak 1 sendok makan yaitu dengan jarak dari tanaman sekitar 5 cm.
  2. Pada usia 70 hari sebaiknya pucuk dari tanaman tembakau dipotong, hal tersebut bertujuan agar tanaman tembakau tidak tumbuh menjulang tinggi dan daunnya akan menjadi lebar.

Setelah proses perawatan diatas maka tinggal menunggu usia tanaman tembakau sekitar 5 bulan maka tembakau siap untuk dipanen, sistem pemanenan tembakau pada umumnya bertahap yaitu mulai dari bawah, setiap panen alangkah baiknya dipetik maksimal 2 daun dan jangka waktu pemanenannya mpun jangan terlalu dekat yaitu paling dekat 2 minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cukup sekian ulasan tentang cara menanam tembakau dan perawatannya dari saya, semoga bermanfaat bagi Anda semua yang membaca. Nah bagi para pembaca yang ingin mempelajari materi tentang cara bertani lainnya, silahkan kunjungi website kami di www.belajarbertani.com, Selamat mencoba dan semoga berhasil !!.