Cara Menanam Terong Ungu Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Terong Ungu Yang Baik – Terong adalah jenis tanaman sayuran yang terdapat banyak jenisnya yaitu contohnya ada terong ungu, terong hijau dan juga terong bulat, amun untuk proses pengolahannya adalah sama. Terong adalah jenis tanaman sayuran yang dapat hidup dimana saja, baik didataran tinggi, dataran sedang dan juga dataran rendah.

Maka dari itu sangat mudah sekali bagi siapa saja yang ingin berbudidaya tanaman terong. Terong termasuk sayuran konsumsi yang harus dimasak terlebih dahulu, yaitu contohnya masakan yang berasal dari terong adalah oseng-oseng terong, campuran sop, sambal terong dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

cara menanam terong ungu

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang bagaimana cara menanam terong ungu yang baik dan benar, dari pengolahan lahan, penanaman hingga cara perawatannya, yuk kita bahas bersama-sama.

Tahapan Cara Menanam Terong Ungu Yang Baik

Berikut ini merupakan tahap-tahapan cara menanam terong ungu agar berhasil, antara lain sebagai berikut :

A. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan pada tanaman terong pada umumnya sama dengan pengolahan tanaman yang lainnya, namun yang membedakan ialah cuma dari cara menanam, perawatan hingga pemanenan. Ada beberapa step atau langkah yang harus diperhatikan dalam pengolahan lahan, berikut ini adalah langkah-langkah beserta keteranganya:

  1. Tanah digemburkan atau dicangkul dengan kedalaman minimal 25 cm, pengolahan ini bertujuan untuk menggemburkan tanah agar tanah yang digunakan sebagai media bertanam menjadi subur sehingga tanaman dapat bertumbuh dengan baik dan maksimal.
  2. Tanah yang sudah digemburkan kemudian diberi lubang secukupnya, yaitu kira-kira ukuran pada kedalaman lubang adalah sekitar 10 cm. Lubang ini digunakan sebagai media atau tempat awal untuk bertanam.
  3. Masukkan pupuk kandang yang sudah dipersiapkan kedalam lubang yang sudah dibuat seperti pada keterangan diatas tadi yaitu sebanyak minimal satu kepal tangan orang dewasa. Pupuk tersebut berguna untuk menjaga kestabilan tanah agar tetap gembur, selain itu pupuk juga dapat bermanfaan sebagai penyedia zat-zat yang dibutuhkan tanaman didalam tanah.
  4. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka alangkah baiknya Anda menambahkan pupuk jenis KCL keatas pupuk kandang yaitu sebanyak kurang lebih 1 sendok makan, pemberian pupuk KCL tersebut bertujuan sebagai pelengkap kinerja pupuk kandang dan juga tentunya untuk menambah gizi pada tanaman dimasa pertumbuhan tanaman.
  5. Tutup kembali menggunakan tanah pada lahan yang sudah diberi pupuk yaitu dengan ketebalan sekitar 3 cm, penutupan tersebut berguna sebagai media awal untuk bertanam bibit dari bibit terong.

B. Penanaman Terong Ungu

Setelah proses pada pengolahan lahan tanaman sudah selesai maka langkah selanjutnya yaitu tentang cara penanaman, untuk cara menanam terong tidaklah sulit, yaitu silahkan simak langkah-langkah beserta keterangannya di bawah ini:

  1. Sebelum dilakukan penanaman yaitu tanah yang sudah digunakan untuk penutupan lahan seperti pada keterangan diatas tadi yaitu tanah harus diberi lubang cukup menggunakan jari tangan orang dewasa dengan kedalaman sekitar 3 cm hingga 5 cm.
  2. Masukkan bibit terong ungu yang sudah dipilih kedalam lubang yang sudah dipersiapkan, namun jangan lupa ambil plastik pot terlebih dahulu sebelum bibit ditanam agar plastik tidak ikut tertanam sehingga pertumbuhan akar tanaman tidak terganggu oleh plastik pot tersebut.

C. Cara Perawatan Terong Ungu

Setelah proses cara menanam terong ungu tersebut sudah selesai maka langkah selanjutnya yaitu :

  1. Pada usia tanaman 2 bulan atau 3 bulan dari masa bertanam maka perlu dilakukan penyemprotan hama, penyemprotan ini dilakukan untuk membunuh hama-hama yang sudah mulai menyerang tanaman.
  2. Pada usia tanaman disekitar 70 hari maka tanaman terong akan mulai bertumbuh bunga, dengan bertumbuhnya bunga tersebut maka menandakan terong akan mulai bertumbuh dan biasanya pada usia kurang lebih dari 100 hari maka terong siap untuk dipanen.

cara menanam terong ungu

Tanaman terong tidak dipanen secara serentak namun sistem panennya yang berkala atau secara bertahap. Sekian untuk ulasan tentang cara menanam terong ungu yang baik dan benar mulai dari pengolahan lahan, perawatan hingga proses panen dari kami, semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini. Jika anda ingin membaca juga koleksi artikel kami lainnya tentang berbagai macam cara bertani, silahkan kunjungi web kami belajarbertani.com Selamat mencoba dan semoga sukses !!